Rabu, 06 Juli 2011

Siap Perang Untuk Sidang Akhir ???

Masa-masa kuliah sebentar lagi akan usai, genderang perang telah ditabuh. Saatnya mengerjakan proyek besar, TA alias Tugas Akhir. Selain harus berperang melawan waktu, berperang melawan diri sendiri merupakan hal yang utama, melawan kemalasan dan keterbatasan diri.
Mengeluh tidak akan menjadi penolong di saat ini. Oke, tanpa panjang lebar berikut akan disajikan formula khusus agar siap perang dihadapan bapak/ibu dosen penguji bila waktunya sidang telah tiba. Check this out :

Rules no 1 :
1. Istirahat secara cukup, banyaknya waktu yang terbuang akibat begadang mengerjakan TA setidaknya tidak menjadikan alasan kita untuk terus memforsir fisik kita. Take easy man, gak usah stress, ambil bantal, selimut, istirahat yang cukup menjelang hari -H.
2. Jaga pola makan dan tetap lakukan olahraga untuk menjaga prima yang fisik.

Rules no 2. :
Jika hari H telah tiba :
1. Jangan lupa sarapan, makanlah yang secukupnya , jangan samapai kekenyangan karna akan menimbulkan kantuk saat menunggu giliran untuk presentasi.
2. Sebelum berangkat, usahakan untuk menelpon keluarga di rumah, minta doa restu, support agar lancar jaya saat berhadapan dengan penguji.

3. Stay cool and dont be panic, anggap saja sidang sebagai presentasi biasa dan jangan tersugesti apapun tentang penguji yang justru akan menimbulkan keresahan dalam pikiran.

Rules no 3 :
1. Saat giliran sidang datang, ucapkan salam kepada penguji, lemparkan senyum dan kinci utama jangan demam panggung.
2. Pergunakan bahasa yang sopan saat memberikan argumen dari setiap pertanyaan yang diberikan oleh penguji, senyum jangan dilupakan.
3. Pertahankan argumen kamu bila mendapat sanggahan dan apabila memang penguji lebih benar dari kita, jangan malu untuk mengakui kesalahan kita. Menunjukkan sikap mau mengakui kesalahan adalah credit point bagi kita.
4. Pergunakan waktu presentasi dengan efisien dan efektif. Inilah pentingnya membuat latihan simulasi untuk presentasi terlebih dahulu, pergunakan slideshow yang menarik dan hindari copy paste dokumen word ke slide show power point.
5. Bila selesai, ucapkan terima kasih ke penguji dan salam

Semakin sulit suatu kemenangan diperoleh, semakin besar kebahagiaan di dalam kemenangan itu. Sukses buat adik-adik kelas TPL 2008, kami menunggu kalian semua bergabung bersama kami di daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar