Senin, 18 Februari 2013

GMP



GMP,  memasuki dunia industri makanan tentunya sering sekali mendengar istilah itu. GMP kepanjangan dari General Manufacturing Practice,.

GMP (general manufacturing practice) maksudnya adalah kumpulan aturan – aturan cara mengolah makanan yang benar untuk menjamin produk yang dihasilkan menjadi layak jual dan layak konsumsi
Maka dari itu GMP hanya kita temukan di industri – industri makanan dan obat – obatan saja, GMP adalah aturan paling dasar tentang cara pengolahan produk konsumtif, biasanya makanan atau obat – obatan.

Cakupan GMP
Karena GMP berisi aturan – aturan, tentu saja ada beberapa komponen sebuah perusahaan manufaktur yang akan terlibat. Dalam GMP komponen yang telibat meliputi Sanitasi Ruangan / area produksi, sanitasi karyawan (termasuk pakaian kerja), lingkungan kerja, dan peralatan kerja.
Contoh Aplikasi GMP


Ciri – ciri aplikasi GMP pada perusahaan makanan/ minuman dan obat obatan antara lain seperti pakaian seragam dan sepatu yang tidak boleh dibawa keluar dari GMP area, nah  GMP area juga bisa menjadi ciri aplikasi GMP Rule. GMP area adalah area dimana kita harus menerapkan peraturan – peraturan GMP tersebut, antara ruangan lain (seperti ruang kantor) dengan GMP area biasanya dibatasi dengan sanitasi Room, yang biasanya terdapat air mengalir untuk cuci tangan, pengering tangan, keset, bahkan mungkin penghisap debu.

Kembali ke “pakaian seragam” yang tidak diperbolehkan dikenakan diluar GMP area, mengapa? Karena dikhawatirkan pakaian seragam dan sepatu yang dikenakan diluar GMP area akan membawa kotoran/residu yang mungkin akan mengakibatkan kontaminasi pada produk makanan/obat/minuman yang diproduksi. Sselain pakaian seragam GMP Rule akan melarang kita menggunakan perhiasan dan aksesoris memasuki GMP area, karena dikhawatirkan perhiasan atau aksesoris tersebut akan terjatuh dan masuk ke dalam produk yang sedang diolah. Intinya GMP Rule adalah aturan yang akan meyakinkan produk anda layak jual dan layak konsumsi.

Berkenalan lebih lanjut tentang GMP....klik disini untuk download materi !!!!

1 komentar:

  1. saya ingin berbagi dengan Anda semua tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari perusahaan pinjaman yang sangat baik dan jujur ​​​​yang terdaftar di Amerika Serikat, karena saya melamar sebagai pinjaman awal, saya butuh beberapa dokumen untuk memenuhi persyaratan mereka tetapi insya Allah saya lulus dan bekerja dengan lancar sebagai pengusaha. hubungi whatsapp: +18632310632 / pedroloanss@gmail.com untuk semua jenis bantuan keuangan seperti pinjaman dan fasilitas investasi.

    BalasHapus