Jumat, 06 Mei 2011

Just Another Sharing...TPL Wanna be


Buat adik-adik kelas yang saat ini sedang atau akan melakukan tugas magang di daerah untuk melakukan penyuluhan dan sekaligus perkenalan dengan dinas yang akan dijadikan tempat bernaung...berikut ini tips yang akan mungkin bermanfaat....check this out :
1. Persiapkan mental dan diri sebelum datang ke dinas untuk melapor. jangan lupa sarapan secukupnya untuk menambah semangat diri. Pakaian yang sopan untuk ke dinas juga menambah nilai plus buat kita.
2. Begitu samapai di tempat dinas perindustrian dan perdagangan setempat..silahkan langsung menuju TU (Tata Usaha) untuk melapor.
3. Sesampai di bagian TU, perkenalkan diri kita dengan baik, jangan grogi, anggap saja ini test awal sebelum bertempur di IKM.
4. Utarakan maksud dan tujuan kita dengan sopan dan baik, bila ada surat tugas segera berikan.
5. Mintalah kesempatan untuk bisa bertemu dengan kepala dinas atau kepala bidang industri dan bila tidak, mintalah dipertemukan dengan unit pendampingan langsung (UPL),TPL kalau ada, Shindan, atau PFPP (Pejabat Fungsional Penyuluh Perindustrian).

6. Galilah informasi sebanyak mungkin tentang apa saja program di dinas yang sekiranya berhubungan dengan pendampingan ikm. Tetap percaya diri dan jangan minder walau kita masih minim pengalaman, bulatkan tekat bahwa kita kesini untuk belajar dan tidak ada yang salah dengan orang belajar.
7. Setelah bertemu dengan pihak-pihak terkait di dinas, mintalah kepada pihak dinas untuk bersedia mengantarkan kita mengenali dan mendalami ikm binaan dinas dan gambaran awal serta berbagai informasi yang ada dan apabila pihak dinas tidak berkenan mengantarkan atau memberikan informasi, jangan kecil hati, mintalah izin untuk pergi ke lapangan sendiri, jangan lupa minta surat tugas dari dinas.
8. Sekarang urusan dengan dinas sudah beres, begitu sampai lapangan, datangilah ikm sasaran binaan dengan percaya diri dan kesopanan. Ingatlah sebuah ungkapan "Anda segan, kami senang".
9. Perkenalkan diri kita dengan ikm, utarakan maksud dan tujuan kita bahwa kita akan membantu ikm agar dapat berkembang dan bla..bla,,,
10. Apabila kita mengalami penolakan dari ikm, jangan mundur, ini adalah tantangan buat kita, lakukan pendekatan personal yang baik dan tentu saja jangan menganggap diri kita lebih tinggi di hadapan ikm, rendahkan hati kita dan coba mengerti dari sudut mana mereka berpikir.....Just Do it..

selamat berjuang !!! Ganbatte !!!(rws)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar