Jumat, 29 April 2011

Perhitungan Penyusutan


Para pengusaha UKM, umum sering tidak mengetahui atau melupakan unsur biaya ini dalam perhitungan laporan laba rugi. Biaya ini muncul saat memiliki / membeli barang modal untuk operasional perusahaan.
Penyusutan atau Depresiasi Aktiva Tetap adalah pengalokasian harga perolehan aktiva tetap untuk periode-periode aktiva tersebut digunakan. Suatu barang semakin lama kondisinya & nilainya akan menurun, sehingga kita perlu mengalokasikan harga perolehannya itu selama umur barang itu bisa dipakai.
Contoh – Pengusaha Warnet
Perusahaan membeli satu unit komputer seharga 6 juta, pengeluaran ini jgn langsung dibeban pada laba rugi karena komputer kan ga langsung habis seperti beli tinta atau kertas. Maka munculah yg dinamakan “biaya penyusutan”
Cara menghitung biaya penyusutan:
Dengan menggunakan metode yg paling sederhana yaitu metode garis lurus, hitung kira2 komputer itu bisa dipake berapa tahun, misalnya 5 tahun (5 x 12 = 60bulan)…nah cara ngitung biaya penyusutan per bulan adalah:
6.000.000 / 60 = 100.000
Jadi biaya penyusutan per bulan utk komputer tsb adl Rp.100.000 – jgn lupa ya…masuk ke rugi laba (sumber :http://akuntansiumkm.wordpress.com)

Materi Penyuluhan tentang penyusutan....klik disini !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar